Halaman

Selasa, 04 Maret 2014

Negara Barat dan Timur bisa terbentuk pada konflik UKRANIA,



Drama babak baru tergulingnya  president Ukrania Viktor yanukovych dan dibebaskannya tokoh Oposisi Yulia tymoshenko membuat terpecahnya dikalangan elit pemerintahan,Rakyat dan tokoh militer. Kemapanan sebagaian elit pemerintah dan rakyat Ukrania dalam hubungan ekonomi sosial dengan pemerintah Rusia, Jadi Pilihan sulit dalam menentukan putusan Karena Kuatnya desakan kaum muda Reformis yang menginginkan gerakan Perubahan ,Keterbukaan dan menjadi bagian ekonomi Global .  Proses hiruk pikuk demeontrasi berdarah ala Oposisi terus berlanjut dan juga ketika pidato heroiknya tymoshenko diatas kursi roda . Dia sendiri lupa saat menjabat perdana mentri juga tidak lepas dari korupsi (2007-2010). Pasca keluar dari Rusia  ,Pemerintah reformasi ukrania memunculkan banyak raja raja kecil untuk menguasai kekayaan alam termasuk Victor Y , Reformasi total menyeluruh tidak menyentuh pada  semua bidang aspek Penegakan  Hukum, Hanya sebatas evoria . 
Letak Strategis Ukrania untuk Export gas Rusia

Ukrania sebagai jembatan awal menuju eropa timur dan barat jadi sangat penting Bagi Rusia dengan penempatan pangkalan angkatan Laut di laut hitam. Export pasukan gas Rusia yg melawati Ukrania untuk sampai ke belahan Barat dan juga Mayoritas Etnis Rusia di daerah kaya minyak crimea membuat Rusia berhitung ulang melepas Ukrania apalagi tehnologi  rusia banyak dikembangkan di daerah Ukrania yang tentu tidak mau semuanya bocor ke barat hingga membuat moskow meningkatkan pasukan untuk menjaga Region National
Peningkatan eskalasi Pasukan Rusia di crimea

Eskalasi peningkatan pasukan Rusia dengan alasan menjaga kepetingan region rusia meningkat drastis khususnya diwilayah Crimea , Pulau tersebut sudah menjadi pangkkalan Militer sejak era Unisoviet untuk menguasai area Laut Hitam. Gelombang reformasi rejim komunis mengakibatkan Ukrania memisahkan diri tahun 1991 , dan Rusia tetap menjalankann pangkalan di laut hitam dengan cara menyewa, puluhan tahun Kebersamaan  rakyat daerah crimea dan rusia menjadikan talik ulur di tingkat elit dan masyarakat bawah  disamping mereka yang berbahasa rusia, etnis rusia , hubungan ekonomi yang sudah terjalin lama antara masyarakat crimea dan rusia . Juga kedekatan geografis Ukrania dengan eropa sangat menjadikan daerah ini menjadi tarik ulur kepentingan  ekonomi dan pengaruh antara amerika lewat uni eropa dan Rusia,  Mirip perpecahan jerman barat dan timur.
Pengusaan Rusia atas wilayah crimea secara geopolitik menjadikan kecondongan rakyat crimea untuk menerima dukungan Rusia dengan ditandai pengibaran bendera Rusia di atas geung parlemen lokal (crimea simferopol) negara barupun sudah di deklarasikan  dengan memiliki struktur pemerintahan meski belum lengkap Parlemen Cremia Mangangkat perdana Mentri Sergiy asksyonov juga ditandai dengan dukungan dari bebebrapa wilayah lain ( di donetsk Ukrania timur 2000an pengunjuk rasa mengibarkan bendera Rusia.  dan  pembelotan Kastaf TNI AL Ukrania Dennys Berezovsky yang dibaru diangkat 1 maret 2014 . Sabtu 1/3 2014 dia Menyatakan sumpah setia pada Crimea untuk melaksanakan perintah dari komandan agung Republik Crimea
Para Pengamat dan pemimpin dunia menkawatirkan Kedekatan Rusia dengan Raksasa Ekonomi baru Dunia Cina dan Cara Pandang Baru Rusia membangun hubungan Deplomatik dengan berbagai negara kawasan dengan penyebaran ekonomi yang merata pada sektor tehnologi  dan Infraksturtur ke semua kawasan Dunia menjadikan Rusia makin Pd meningkatkan  eskalasinya Di Ukrania terutama di wilayah Cremia. Bisa Jadi ini Babak baru  Rusia dan Uni Eropa masa  era baru perang dingin ( Cold War ) dan membentuk pengkubuan blok baru pro Rusia dan Pro Amerika (eropa)   dunia akan mengalami  masa Kemuduran Hubungan paska Keruntuhan Komunis .
Sestim ekonomi yang dunia Saling terkoneksi satu sama lainya tentunya akan berdampak terhadap ekonomi secara makro bila terjadi konflik kepentingan Rusia dan Eropa benar benar terjadi dimana perang akan membuat pengerahan sumber daya secara maksimal dan akan memakan waktu cukup lama , Saat ini saja kerugian akibat konfilk internal Ukrania sudah memasuki Babap baru golongan Pro Rusia Dan eropa.
Sistem keterbukaan Ekonomi Rusia yang tumbuh pesat menciptakan milyader milyader baru yang aset diluar negri  tercatatnya  saja melebihi USD120 Miliar. Perang tentunya akan memperlambat pertumbuhan ekonomi rusia, Ukrania  dan akan mempengarui juga eknomi eropa yang saat ini belum bisa keluar dari krisis sejak mulai tahun 2010. Tengok saja anjloknya bursa saham rusia berimbas kepanikan saham seluruh dunia khususnya kawasan Eropa, Terbaru Perumahan Besar Besaran 10.000 Karyawan Bank di Amerika.
Ancaman Akan di kelurkannya Rusia Dari G8 Tidak menyurutkan langkah Vladimir Putin yang didukung Mayoritas Parlemen Rusia. Para Pemimpin Dunia dan indonesia dengan Politik Bebas Aktif harus mencari solusi agar perang tidak pernah  pecah di ukrania dan tercipta hubungan dan kepentingan saling mengisi . karena perang menduduki daerah seperti PD I dan PD II tidak relevan lagi . Perang sekarang mengarah pada penguasaan Ekonomi yang di kemas secara Psikilogi , Perlawanan Hak, Tehnologi ,Informasi dan Budaya........ Indonesia sebagi negara non blok di uji kenetralannya

KITA HARUS BISA MENJAGA AMANAT. KUTITIPKAN BANGSA DAN NEGARA INI PADAMU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar